Semua Venue di Palembang Sudah Selesai Semua

Saturday, October 29, 2011
Semua Venue di Palembang Sudah Selesai Semua - Venue untuk penyelenggaraan SEA Games di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan akhirnya selesai semua. Sementara itu, pembangunan fasilitas di Situ Cipule, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sedang dalam tahap pembenahan.

"Seluruh venue, bangunan fisiknya, yang ada di Jakabaring sudah selesai, yang tinggal adalah penataan landscape dan pemasangan alat-alat, yang bisa selesai akhir bulan ini," ujar Menpora Andi Mallarangeng usai mengikuti sidang kabinet mengenai persiapan SEA Games 2011 di kantor Presiden, Jumat (28/10/2011).

Andi mengatakan, mengenai fasilitas SEA Games di situ atau danau Cipule, Karawang, saat ini sedang dalam tahap pembenahan.

Persiapan saat ini lebih terfokus pada penyelenggaraan dan persiapan atlet-atletnya. "Atlet-atlet Indonesia siap menjadi juara dalam SEA Games ke XXVI," jelas Andi.

Selain itu, Andi juga mengharapkan kerja sama berbagai kemenetrian untuk berbagai keperluan penyelenggaraan SEA Games, seperti dengan Kementerian Luar Negeri untuk masalah visa dan imigrasi, dan Kementerian Keuangan menyangkut beacukai.

Presiden SBY, ujar Andi, telah menginstruksikan para menteri untuk memberikan dukungan sepenuhnya bagi sukses penyelanggaraan SEA Games yang akan dilangsungkan di Palembang dan Jakarta, pada 11-25 Novembermendatang. "Presiden telah menginstruksikan para menteri untuk memberikan dukungan sepenuhnya bagi kesuksesan SEA Games," Menpora menjelaskan.

"Presiden menginstruksikan seluruh jajaran kementerian untuk memberikan dukungan sepenuhnya. Koordinasi ini sudah disampaikan berkali-kali melalui Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Polkam," tuturnya.

Menurut Andi, dukungan yang dibutuhkan dari jajaran kementerian antara lain dari Kementerian Luar Negeri untuk kepengurusan visa atlet mancanegara serta Kementerian Keuangan untuk pembebasan pajak bandara bagi para atlet dan kemudahan bea cukai untuk peralatan bekerja media massa asing.

Andi meminta, agar pajak bandara senilai Rp150.000 bagi para atlet mancanegara yang masuk-keluar Indonesia dapat ditanggung oleh pemerintah sesuai kelaziman yang berlaku secara internasional.

"Presiden langsung menginstruksikan Menteri Keuangan, agar memberikan kemudahan sesuai kelaziman internasional. Kalau kelaziman internasional airport tax untuk atlet-atlet asing dibebaskan," ujarnya.

Andi mengatakan, dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) juga dibutuhkan untuk memberikan kemudahan imigrasi di konter khusus yang ada di setiap gerbang kedatangan bandara Jakarta dan Palembang, serta pintu masuk lain.

Dari Kementerian Perhubungan, menurut dia, dibutuhkan dukungan tambahan penerbangan Jakarta-Palembang dan juga kesiapan fasilitas bandara untuk menyambut kedatangan atlet mancanegara berikut pendukung mereka.

Sementara itu, lanjut Andi, dukungan dari Kementerian Kesehatan dibutuhkan untuk evakuasi cepat bagi atlet di lokasi-lokasi yang cukup jauh dari keramaian, seperti cabang olahraga Paralayang di Puncak, Jawa Barat, lintas alam di Sentul, berkuda di Cinere, serta open water swimming di Pulau Putri, Kepulauan Seribu.

Untuk memeriahkan penyelenggaraan SEA Games 2011, Andi mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menggelar panggung budaya yang menampilkan aneka budaya Indonesia.

Dukungan dari jajaran politik dan keamanan, menurut dia, dibutuhkan untuk menjaga keamanan selama penyelenggaraan SEA Games demi kenyamanan para atlet dan para pendukung.

Itulah seputar Sea Games 2011. Semoga menambah Informasi anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar